4 Tips Menciptakan Ruang Kerja Nyaman di Rumah Saat WFH

Dalam beberapa bulan terakhir, masyarakat  telah beralih dari bekerja di kantor menjadi kerja virtual atau bekerja dari rumah karena pandemi virus corona.

Beberapa perusahaan organisasi pada awalnya mengadopsi kebijakan kerja jarak jauh untuk mengurangi penyebaran virus corona dalam jangka pendek,  dengan perkembangan penyebaran covid makin meluas beberapa perusahaan telah membuat komitmen jangka panjang untuk pekerjaan jarak jauh di tahun-tahun mendatang.

Tak perlu dikatakan, bekerja dari rumah memang memiliki tantangan tersendiri. Untuk membantu, kami telah menyusun daftar tips yang perlu diterapkan saat mendesain ruang kerja yang produktif dan berdedikasi di era pandemi.

1. Bicara dengan keluarga Anda

Pandemi virus corona telah mengubah cara kita bekerja, belajar, berinteraksi, dan banyak lagi. Selain bisnis, banyak sekolah dan universitas juga telah mengadopsi kurikulum online dalam waktu singkat. Hasilnya, rumah sekarang berfungsi sebagai kantor dan pusat pembelajaran virtual bagi banyak orang. Konon, langkah pertama dalam mendesain ruang kerja profesional khusus dapat dimulai diskusi dengan keluarga.

Penting untuk berbicara mengenai ruang kerja dengan keluarga Anda. Di mana Anda akan bekerja dengan nyaman sambil dapat melakukan Zoom Meeting saat dibutuhkan?

2. Tetapkan aturan di sekitar ruang kerja Anda

Banyak pertanyaan mengenai adakah cara untuk menghindari interupsi? Ketika Anda memiliki anggota yang sering lalu lalang di sekitar ruang kerja Anda, mungkin Anda bisa memasang tanda di pintu seperti “ketuk pintu terlebih dahulu” ini akan membantu Anda dari gangguan tersebut. Mungkin saat memulai kerja Anda bisa memberitahu bahwa Anda harus bekerja dari rumah dan tidak untuk mengganggu di waktu tersebut.

Baca juga : CARA MEMBERSIHKAN RUMAH ANDA UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN CORONAVIRUS

3. Maksimalkan ruang

Di rumah dan apartemen yang lebih kecil atau di lingkungan dengan banyak teman serumah, mungkin sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menyisihkan seluruh ruangan sebagai ruang kerja khusus. Namun, terdapat opsi desain untuk membantu memaksimalkan potensi produktivitas ruang serbaguna. kami menyarankan untuk menggunakan pembatas dan sekat untuk membuat pemisahan di dalam ruangan dan memberi orang rasa privasi.

Selain itu, furnitur multifungsi seperti meja lipat atau meja kopi dengan ketinggian yang dapat disesuaikan dapat memungkinkan orang menggunakan peralatan untuk bekerja dan bersantai. Opsi tujuan ganda ini akan menawarkan fungsionalitas sepanjang hari tanpa menghabiskan ruang berharga di antara penggunaan.

4. Gabungkan tanaman hijau

Setelah orang memilih ruang khusus dengan aksesori dan perlengkapan ergonomis, individu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa tanaman ke area tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa kantor dengan tanaman dapat membantu meningkatkan produktivitas dan suasana hati.